Jumat, 07 Maret 2014

Sedikit Tentang Hubble


entah kenapa lah, aku kalau liat gambar ruang angkasa tuh selalu merinding. gila, bayangin aja ternyata bumi ini tuh gak ada apa-apanya! bumi tuh cuman setitik debu yang tertiup angin kalau dibandingin dengan isi seluruh alam semesta. aku mati sekarang aja gak bakal mempengaruhi apapun yang ada di alam semesta ini. terus untuk apa aku hidup?

tapi aku bukan mau bahas tentang tujuan hidup. teleskop hubble selalu menarik perhatianku semenjak aku baca buku gadis jeruk karya jostein gaarder dua tahun lalu. 

kenapa namanya Hubble? udah biasa banget kalau orang yang menemukan sesuatu hal baru pasti dinamain sama dengan si penemu. ya, namanya edwin powell hubble. dibuat seukuran satu bus kota transjakarta mungkin. hubble terbang pake pesawat ulang alik atlantis dan udah 23 tahun dia ada diatas sana semenjak 1990.

kamu gak tau terimakasih kalau kamu gak kenal sama teleskop ini! asal kalian tau ya, gambar-gambar yang kita saksikan tentang ruang angkasa itu sebagian besar adalah karena jasa teleskop ini yang bisa mengambil gambar ruang angkasa sampai sejauh 10 milliar tahun cahaya dari bima sakti! hublle berhasil membuka mata manusia tentang alam semesta! lebih dari separuh perubahan pemahaman manusia terhadap alam semesta berasal dari objek-objek foto teleskop hubble pada kawasan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya!

ini salah satu citra yang diambil sama teleskop hubble, gila, aku gak berhenti merinding dari tadi, liat bumi aja gak keliatan, terus kita ini siapa?! kita ini apa?!

omega centauri

tapi bener loh, menurutku peran teleskop hubble selama dua dekade ini sangat penting bagi umat manusia, dari pada hal lain yang udah ada di bumi, karenanya manusia sanggup menjelajahi alam semesta sampe sejauh miliaran tahun cahaya.

orang juga menyebut teleskop hubble ini sebagai mata semesta. lucu ya? kita ini kan manusia bagian dari alam semesta sementara hubble dibuat untuk melihat semesta. jadi, setelah miliaran tahun semenjak alam semesta ini terbentuk barulah alam semesta bisa membuat perangkat untuk melihat dirinya sendiri. (gadis jeruk: 181).

"Dongeng hebat apakah yang sedang kita jalani dalam hidup ini, dan yang masing - masing dari kita hanya boleh mengalaminya untuk waktu yang sangat singkat? Mungkin teleskop ruang angkasa akan membantu kita untuk mengerti lebih banyak tentang hakikat dongeng ini suatu hari. Barangkali di luar sana, dibalik galaksi - galaksi, terdapat jawaban apa sebenarnya manusia itu"  - Gadis jeruk: 182

Tidak ada komentar:

Posting Komentar