Sabtu, 14 Juni 2014

Id, Ego dan Superego


kenal sama foto orang diatas? mungkin untuk mahasiswa psikologi atau kedokteran udah gak asing lagi. dia adalah sigmund freud. seorang filsuf dan juga pioneer aliran psikoanalisis dalam bidang psikologi. salah satu teorinya tentang tiga struktur psikoanalisa yang terdiri dari tiga aspek, itu adalah id (das es), ego (das ich) dan superego (das ueber ich).

banyak kalau kalian cari di gugel tentang tiga hal ini. tapi aku nemu dengan bahasa yang mudah dipahami, gak ribet!

***

Suatu ketika pada saat badai salju menimpa pondok tempat Freud tinggal seorang diri, dia justru kedatangan tiga tamu sekaligus. Tiga tamu itu adalah Id, Ego, dan Superego. Dalam badai salju yang turun begitu deras tersebut, Freud malah diberi kuliah oleh tiga tamu itu.

“Aku adalah keinginan-keinginan primordial yang menuntut pemenuhan segera,” kata Id. “Jika aku menginginkan tidur dengan seorang wanita, langsung saja kutiduri wanita itu tanpa pandang bulu.”

“Kalau aku,” demikian Ego memberi kuliah, “adalah penengah antara tuntutan id dengan realitas di luar. Aku mengusahakan pemenuhan id itu secara realistis, papa Freud. Jika kau ingin meniduri wanita itu, tunggu dulu. Wanita itu mau nggak untuk kautiduri?”

“Nah, dua temanku sudah menjelaskan siapa diri mereka. Sekarang giliranku. Aku adalah tatanan moralitas bagi individu-individu. Andai kau ingin meniduri wanita muda, jangan asal dia mau saja. Nilai-nilai moralitas di sekitarmu bilang apa kepadamu: baik atau buruk?”

Sumber: lubangcacing.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar