Rabu, 07 Mei 2014

[Catper] Hujan Meteor: Eta Aquarid

aku abis baca berita kemarin, katanya kalau malem ini ada hujan meteor. asiknya, kita bisa liat dari mana aja dan tanpa perlu bantuan teleskop apalagi sampe harus ke luar angkasa! cukup liatin langit aja sambil tiduran, asal jangan ketiduran aja. tapi syaratnya langit harus cerah, gak boleh berawan dan kita perlu menghindar dari polusi cahaya. aku di jatinangor, dan yang paling cocok untuk menghindar dari polusi cahaya aku harus pergi ke atas bukit, belakang kampus. dan langit cerah!

sorenya aku langsung ajak tiga saudaraku buat ikut jam tiga subuh nanti, mereka bilang sih siap. tapi pas udah jam dua pagi, tiba-tiba mereka pengen tidur. sial, mereka coba ingkar janji, aku bilang aja: cuman dua hal yang bisa di pegang dari laki-laki itu yang pertama adalah omongan yang kedua adalah pel*rrrrrrrr! mungkin merasa tersinggung atau mungkin khawatir pas bangun tidur pel*r mereka udah gak ada. ha ha ha. mereka langsung bangkit dari kasur buat siap-siap. kami cukup bawa mie instan aja sama kopi item. rokoknya jangan lupa!

jam tiga subuh akhirnya kami berangkat, naik motor sampe kaki bukit. sisanya jalan kaki. padahal aku optimis langit bakal terus cerah, tapi malah ketutup awan pas kami udah setengah jalan lagi sampe atas bukit. sempet menyesal juga, mending di kamar tiduran sambil selimutan pake selimut merah kesayangan. tapi gak ada pilihan, kami tetep lanjut aja, aku sambil berharap, tiga saudaraku sambil berdoa. semoga langit cerah lagi tiba-tiba.

mungkin kebetulan tuhan mereka lagi bergadang jadi denger doa mereka dan dikabulin. mereka beda agama. gak tau tuhan yang mana yang ngabulin doanya. tapi bagus lah! seiring kami sampe puncak bukit, awan di langit juga hilang perlahan. sejauh mata memandang yang kami liat cuman kumpulan bintang yang menggantung di langit! ah, langusng gelar tiker terus kami tiduran sambil liatin langit. dan gak perlu lama nunggu kami ngeliat sampe lusinan bintang jatuh! kereeeeeen!


gambar di atas diambil dari gugel. ya, kurang lebih kayak gitu yang kami liat, dan gak cuman satu, tapi lusinan! walaupun gak intens tapi ada satu waktu kami liat dua bintang jatuh sekaligus langsung disusul sama satu bintang jatuh yang lainnya. tiap kita liat bintang jatuh, kami teriak dan tertawa sepuasnya & sekencangnya seperti anak kecil yang kampungan dikasih mainan baru sama ibunya.

oh ya, hujan meteor periodik ini namanya 'eta aquarid', dan terjadi di arah timur pada konstalasi rasi bintang aquarius. selain nikmati bintang jatuh, kami juga liat di sebelah timur bintang yang paling-paling terang malam itu ternyata planet venus! sebelah barat ada warna merah menyala itu planet mars!



dan yang keren lainnya adalah kami melihat satu bintang yang bergerak maju secara stabil. kami pikir itu adalah UFO ha ha ha. ternyata pas pulang dari bukit aku baca informasi kalau itu adalah stasiun internasional luar angkasa atau ISS! wih, ini juga jarang terjadi karena kebetulan malam itu ISS sedang melintasi wilayah indonesia.

malam itu jadi malam paling bahagia buat kami, khususnya buat aku. pengalaman pertama kali liat banyak bintang jatuh seumur hidupku, bukan cuma sekedar liat di tv atau mendengar dongeng aja. dan aku merasa jadi orang paling beruntung di dunia, ya kalau gak bisa minimal orang paling beruntung sejatinangor ketika semua orang merasa beruntung berada di atas kasur. dan malam itu berakhir dengan dewi Ra yang menyapa dari timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar