Senin, 07 Juli 2014

Si Udin & Evolusi Darwin


ah, gak ada pulang ke rumah tanpa mengeluh. mulai dari suhu kota depok yang tinggi, bikin aku selalu buka baju telanjang dada sepanjang hari dan menguncir atau menjempit rambutku yang gondrong. kadang-kadang bikin aku keliatan kayak jablay dari belakang, katanya. tapi keluhanku lebih dari sekedar alesan suhu, melainkan populasi nyamuk yang melangsungkan dan menumpang hidup di rumah orang tuaku.

gak habis pikir, seumur hidup aku tinggal di rumah orang tuaku. populasi nyamuk disana gak pernah bekurang, apalagi sampe menyentuh angka kepunahan. yang sekarang hampir punah malah: penyu belimbing atau badak jawa, kenapa gak nyamuk aja? aku curiga nenek moyang nyamuk di rumah orang tuaku itu termasuk jenis unggul dijaman purba. sehingga, jadi satu dari sekian jenis yang berhasil lolos dari seleksi alam yang ekstrim.

entahlah, tapi yang jelas. jenis nyamuk di rumah orang tuaku itu adalah salah satu dari filum arthropoda yang hebat. kemampuannya mendeteksi suhu tubuh mangsanya dan kepakan sayapnya yang bisa sampe 450 kepak per detik, juga matanya yang seperti peramal: bisa tau kemana arah tanganku memukul, apalagi ukurannya yang kecil membuat nyamuk jadi salah satu predator yang paling efisien, minimal di rumah orang tuaku.

lebih dari itu, yang aku sebel adalah tanganku yang cuman dua. gak bisa menghabisi nyamuk-nyamuk yang seneng banget berkoloni nyerang badanku. sampe akhirnya, aku beli raket nyamuk listrik yang bisa menyengat sampe ratusan volt untuk mengulang lagi sejarah holocaust jaman perang dunia dua. tapi sayang, itu semua percuma, populasi nyamuk di rumah orang tuaku gak pernah habis, malah makin banyak dan terus tumbuh.


pernah satu waktu ada seekor nyamuk yang bisa terbang lagi padahal udah kena raket listrik sampe terkapar di atas lantai, karena unik dan hebat aku sampe kasih nama buat nyamuk itu: si udin. karena si udin lah aku jadi kepikiran bakal terjadi evolusi yang pernah dibilang sama darwin tentang seleksi alam. dimana yang paling bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya lah yang akan bertahan dan melestarikan jenisnya.

darwin juga bilang, perjuangan untuk bertahan hidup yang paling berat sering terjadi di antara spesies-spesies yang paling mirip satu sama lain. mereka harus berjuang dapetin makanan yang sama. semakin sengit perjuangan untuk bertahan hidup, semakin cepet terjadinya evolusi spesies baru, yang kuat yang akan menang dan bertahan, yang lain mati. dan gak cuman sekedar makanan, faktor reproduksi juga sangat mempengaruhi.

jadi, ketika aku pake raket listrik itu, mungkin malah membuat situasi makin buruk. maksudku, terciptanya seleksi alam buatan yang aku buat sendiri. dan si udin sebagai nyamuk yang berhasil beradaptasi atau lolos dari raket listik bisa menghasilkan keturunun dan berkembang dengan keturunan yang kebal dari sengatan raket listrik dan ini akan terus terakumulasi dan tersimpan dalam gen si udin yang mampu bertahan.

ngeri juga ngebayangin kalau suatu saat nanti keturunan si udin berhasil tumbuh dan berkembang. nyamuk-nyamuk jadi kuat dan kebal sama raket listrik. dan mungkin juga kebal sama obat nyamuk bakar di ruamhmu? tapi... selama nyamuk bukan satwa langka dan dilindungi oleh pemerintah, gak apa lah kalau mau kita habisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar