Selasa, 29 Juli 2014

Catper: Klapanunggal 2

11 juli 2014

jam setengah lima pagi aku baru bangun. lalu, makan sahur yang udah dimasak sama saudaraku yang piket malam itu. ah, gak sadar, disini gak ada listrik jadi gak ada tanda imsak dari masjid, dan aku masih makan sahur dengan santainya. hari ini, gua pertamaku, ujay leadernya aku pengikutnya. nama guanya, gua sigintung.

rumornya gua ini ada lorong vertikal didalamnya. jadi, kami siapsiap bawa tali lima puluh meter dan dua srt set. guanya cukup besar, ada chamber ditengahnya. dan seperti gua kebanyakan, sigintung ini punya lorong yang berlumpur. sebel. setelah explore, akhirnya ketemu lorong vertikalnya, pintunya sempit sekali, jadi si kimul aja yang rigging.

udah keren si kimul rigging ternyata lorong vertikalnya cuman empat meter aja. udah keren si kimul rigging ternyata pas naik akhirnya cukup bridging aja. selain itu, alat srt dan tali kami juga dilapisi lumpur yang tebel. ah, sebel. sebelum pemetaan, kami berempat melakukan sampling biota dalam gua. dapet sekita empat atau lima sampel.

ada satu biota, dinamain si otong, gak tau siapa yang namain, kenapa harus si otong sih? kalau aku yang nemu, mungkin namanya si james atau djokovic.dijalan pulang, saking berlumpurnya alat kami, beratnya jadi nambah dua atau tiga bahkan lima kali lipat dari sebelumnya. jadi aku dan hardi pilih untuk gotong berdua pake kayu panjang. 

lagi beratberatnya ngegendong tas itu, tibatiba ada suara kayak pohon rubuh. eh, ternyata di depan kami, si kimul lagi ngegoler ditanah, entah kenapa dan entah ngapain, tapi pohon di sebelahnya goyanggoyang, kayaknya ada satu gaya yang besar mempengaruhinya. yaudalah, tapi cukup buat kami ketawa. sedikit.

sesampainya di sungai, kami beresberes, nyuci alat juga nyuci diri, ih, liat tali yang udah berwarna coklat jadi mirip cokicoki paling panjang sedunia.

12 juli 2014

aku curiga, penyakit gak bisa tidurku bakal terus terjadi sepanajng malem disini. kayak hari ini, aku gak bisa tidur sampe denger suara yona yang lagi piket buat masak sahur kedengeran. sampe jam makan sahur aku cuman bisa meremmerem gak jelas aja, sambil nunggu dibangunin sama mereka yang piket.

hari ini adalah gua ciorai, aku masih sama hardi. dia yang sekarang jadi leadernya. kami berangkat sekitar jam enam pagi. selagi hardi rigging, aku nikmatin matahari yang baru aja muncul sedikit. sampe akhirnya muncul semua. jam setengah sembilan kami semua baru bisa masuk ke gua ciorai yang dalemnya sekitar lima belas meter.

gua ciorai juga unik, pas kami turun dari tali tepat di chamber gua itu. besar banget. yang unik di tengah chamber itu ada ornamen yang mirip podium. untuk lorong horizontalnya gua ini pendek banget. untuk sampel biota yang kami dapet gak beda jauh sama gua sebelumnya. dan ke sungai setelah penelusuran udah mulai jadi kebiasaan kami.

malemnya, pas banget kita baru mau mulai evalusai dan briefing pak enadang, kepala rt disini ternyata dateng. dengan terpaksa dan ikhlas kami ladenin dia sampe agak malem, sampe beberapa dari kami banyak yang ketiduran disengaja.

13 juli 2014

hari ini aku kebagian pike sama nida saudaraku. artinya aku yang masak sahur. tapi karena aku senior, si nida enggan bangunin aku jam dua pagi. aku baru bangun sendiri jam tiga setelah nida berhasil masak sahur sendiri. sebagai gantinya aku yang nyuci piring, gelas dan alat masak lainnya. maaf ya buat nida.

dua tim udah bergerak dari tadi pagi. sekarang aku sendiri yang harus patroli ke dua gua. ih, hari ini guanya jauh semua: gua cibedahan dan sigoler. untuk ada aulia yang mau nemenin, dia disini lagi susulan mabim caivng. aku aja dia, padahal dia mau pulang ke bandung. pas menuju ke gua, lewatin kuburan kita nyasar dikit.

pas sampai ke gua cibedahan tim doni udah hampir selesai, jadi aku tungguin dulu buat nyamoerin tim hardi setelahnya. di gua sigoler, si hardi juga ternyata udah mau selesai, tinggal beberapa stasiun lagi. tim doni mau nungguin mereka, aku dan aulia pilih pulang ke basecamp aja. sambil nunggu masak malem, aku baca buku terus tidur siang.

oh ya, kamu harus baca buku yang aku baca hari ini. buku yang ditulis rachel carson, judulnya musim bunga yang bisu. kalau judul aslinya 'silent spring'.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar