Jumat, 20 Februari 2015

[Review]: We Are All Africans (1)

where do you come from?
how did the first human become you?

dua pertanyaan fundamental yang mengawali film dokumenter perjalanan alice roberts, seorang anatomis dan juga antropologis dalam mencari jawaban atas dua pertanyaan tersebut. film dengan judul 'the incredible human journey' yang diproduksi oleh BBC tahun 2009. film ini me-representasikan sebuah teori yang disebut: teori out of africa. dan tulisan ini adalah review dari film tersebut.

***

awalnya teori out of africa adalah sebuah konsep yang dikemukakan oleh charles darwin sehubungan dengan teori evolusinya yang menyatakan kalau manusia merupakan evolusi dari kera yang ada di afrika yang ditulisnya dalam buku 'the descent of men'. mengingat di afrika terdapat populasi simpanse dan gorila. btw, kode DNA manusia dengan simpanse itu punya kemiripan sampe 94% loh. sampai buku ini terbit, teori evolusi dan out of africa yang dicetus darwin masih sebatas spekulasi, sampai akhirnya semakin kuat dengan ditemukan beberapa fosil manusia purba di daratan afrika beberapa puluh tahun kemudian (bimbie.com).

prinsip dari teori out of africa ini adalah merunut kejadian atau kronologis persebaran manusia modern (homo sapiens) yang dimulai di afrika sampai menyebar ke seluruh penjuru dunia. kronologis yang dibuat berdasar data-data usia kerangka yang ditemukan dengan metode sisa karbon (carbon dating) dan kode DNA. dari kronologis tersebut ternyata mengindikasikan sebua alur yang berurutan bagaimana homo sapiens tersebar.

dalam teori ini juga mengungkapkan kalau manusia melakukan imigrasi bukan karena paksaan atau terusir dari afrika, melainkan karena proses adaptasi, mengambil kesempatan yang dapat menguntungkan bagi dirinya dan kelompoknya. dalam prosesnya perubahan secara anatomis maupun psikologis pun berkembang. seperti bentuk tubuh yang bertambah besar dan juga kehidupan sebagai mahluk sosial pun terbentuk. perubahan-peruahan tersebut tidak sebentar, membutuhkan waktu ratusan ribu tahun untuk menjadi seperti sekarang.

di film dokumenter ini, diawali dengan penemuan kerangka manusia modern (homo sapiens) yang ditemukan di sungai omo, desa kibish, ethiopia. kerangka manusia modern pertama ini berusia 200.000 tahun.

dalam kelompk-kelompok kecil, homo sapiens diperkirakan mulai menyebar 120.000 tahun yang lalu ke arah selatan afrika. dan 100.000 tahun yang lalu mulai keluar afrika menuju israel melewati padang sahara, yang katanya pada saat itu gurun sahara masih merupakan 'sunny green field'. tapi sayang, di israel homo sapiens gagal melajutkan hidup. tidak ada bukti yang menunjukan perjalan berlanjut setelah dari israel. tapi ada satu hal yang menarik di israel ini. 10 fosil yang ditemukan menunjukan sudah adanya ritual penguburan. bahkan diduga kelompok ini sudah memiliki kepercayaan akan kehidupan setelah mati.

70.000 tahun yang lalu kelompok lainnya keluar dari afrika menyebrang laut merah menuju yaman dan negara timur tengah lainnya. kelompok inilah yang berperan penting tersebarnya homo sapiens ke seluruh penjuru dunia. setelah itu kelompok ini juga terbagi dalam kelompok kecil, ada yang menyebar ke siberia, turki, china dan india sampai malaysia.

di siberia ditemukan fosil yang menunjukan kalau 40.000 tahun yang lalu dataran tersebut sudah ditempati oleh kelompok homo sapiens. dalam film ini, sebuah suku, suku evenki namanya, diduga memiliki kebiasaan yang gak jauh beda dengan kelompok homo sapiens 40.000 tahun yang lalu. seperti sudah melakukan domestifikasi hewan liar dan hidup secara nomaden. kelompok ini juga yang sangat mungkin mempengaruhi populasi homo sapiens yang berada di kanada, amerika sampai ke brazil dan chili (tiba di amerika sekitar 13.500 tahun yang lalu).

...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar